KESBANGPOL HADIRI PENAHBISAN PENDETA

Berita Berita foto

Diah Haerani, M.Pd Kasi. Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan – Kesbangpol Kota Depok mewakili Wali Kota Depok, hadir dalam penahbisan Pdt Abanita Kaban, S.Si ( Teol ). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu Kliwon, 13 Februari 2019 dari pukul 08:30 – 11:30 wib di gedung Gereja Kristen Jawa ( GKJ ) Yeremia – Depok, Jl. Melati raya No 1 A, Kel. Depokjaya, Kec. Pancoranmas, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat.
Abanita Kaban, S.Si (Teol) adalah wanita berdarah Batak Karo – Sumatera Utara merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dari seorang PNS di Rantau Prapat. Harapan ayahnya sejak kecil adalah agar Abanita Kaban menjadi seorang dokter, dikarena dinamika hidup dan imannyalah yang akhirnya memilih untuk sekolah teologi. Kini telah berkeluarga dengan Kristian Budi Kusuma dan dikarunia dua orang anak yaitu R A Hadibrata dan J M Atmaadeva.
GBKP Kebayoran Baru – Jakarta Selatan adalah tempatnya dimana dia pernah melayani bersama pendeta perempuan, dimana mutasi setiap lima tahun bagi gembala selalu berjalan. Ini yang membuat setiap gembala melakukan adaptasi begitupun bagi keluarganya, anak-anaknya yang bersekolah. Pelayanan di dunia pendidikan pun pernah dijalaninya saat di GKI Diponegoro – Surabaya, disini dia menjadi guru sekolah dan juga berada di Komisi Anak di tahun 2018 saat terjadi peristiwa bom gereja.
Akhirnya mendapat panggilan oleh GKJ Yeremia – Depok dan setelah perkenalan melalui sarasehan dan khotbah kemudian pada November 2019 ditetapkan sebagai vikaris GKJ Yeremia – Depok. Dalam masa perjalanan seperti ini dimana belum ada yang bertanggungjawab akan berakhirnya pandemik covid-19, pelayanan selalu menggunakan cara media social, jika perlu maka mengikuti protokol kesehatan.
Penahbisan pendeta Abanita Kaban ini bertepatan dengan hari lahir Adi Yuswa pada hari Sabtu Kliwon, 13 Februari dengan demikian akan mudah diingat tanggal penahbisannya. Tahbisan hari ini merupakan bahwa jumlah pendeta GKJ bertambah, demikian pula jumlah perempuan Pendeta di aras GKJ semakin bertambah, khususnya di klasis Jakarta Bagian Barat punbertambah (sambutan Pdt. Temi Setyowati, S,Si – Bapelsin XXVIII GKJ ). Dengan ditahbiskannya Pdt. Abanita Kaban, S.Si ( Teol ) maka jumlah Pendeta di GKJ Klasis JBB menjadi 19 orang yang terdiri dari empat pendeta emeritus, dua pendeta pelayan khusus dan tiga belas pendeta pelayan aktif, entah apalagi yang berkaitan dengan 19 mungkin dengan vikaris di tahun 2019 dan covid-19. ( Pdt Francisca Natalia H – Ketua Bapelklas XIX Jakara Bagian Barat ). Do’a kami ibu Pdt Abanita Kaban dan keluarga dapat hidup “sehati, sefikir, dalam satu kasih, satu jiwa satu tujuan bersama – sama dengan majelis dan Jema’at GKJ Yeremia – Depok” ( Pdt. Bebalazi Zega, S.Th, M. Min Ketua umum Majelis Pekerja Harian PGI-S Depok). Semoga momentum penahbisan ini bisa memberikan manfaat dan sekaligus kontribusi positif bagi umat kristiani di Kota Depok dan bagi seluruh warga Kota Depok pada umumnya ( sambutan Wali Kota Depok ).
Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Darsono Ketut Wibisono, S.IP dari Kesbangpol Kota Depok mendampingi Kasi Bindowasbang, Mad Yasin dari Satpol PP Kec. Pancoran Mas, Pdt. Bebalazi Zega, S.Th, M.Min, Ketua umum MPH PGI-S Depok, Pdt. Temi Setyowati, S.Si anggota Bid Keesaan Bapelsin XXVIII GKJ, Pdt. Francisca Natalia H Ketua Bapelklas XIX Jakarta Bagian Barat kesehariannya dalah gembala pada GKJ Depok, Pdt Em Eddyson Saptanto Wahyu Nugroho, S.Th, M.Min GKJ Yeremia – Depok, Pdt Rudi Aryanto GKJ Eben Haezer, Pdt Marya dan Pdt Widianto Nugroho GKJ Joglo, Pdt Agus Nugrono dan Pdt Lusino Tobing GKJ Nehemia, Pdt Yosua Harahap GKJ Pamulang, Pdt Kartin GKJ Bekasi, Pdt Matias GKJ Tangerang, Pdt Ribka Klasis JBT.